KODIM 1411/BULUKUMBA PANEN RAYA JAGUNG HASIL PROGRAM KETAHANAN PANGAN DILANJUTKAN PENANAMAN PORANG

Kodim 1411/Bulukumba bersama unsur Forkopimda Kabupatan Bulukumba melaksanakan panen raya jagung di lahan demplot ketahanan pangan Kodim 1411/Blk seluas + 2 hektar dan dilanjutkan penanaman Porang seluas + 1 hektar. Rabu (05/08/2020).

Dandim 1411/Blk Letkol Arm Joko Triyanto, S. Pd, mengatakan dimasa pandemi ini kita harus bisa mandiri dengan kebutuhan Ketahanan Pangan, dengan adanya penanaman Jagung, Padi dan tanaman lainnya, bisa membantu Ketahanan Pangan di daerah khususnya di Kabupaten Bulukumba, ujar Dandim saat di lokasi kegiatan.


Ditambahkan, Kegiatan Penanaman Porang adalah Petunjuk dari Komando atas, Perlu kami sampaikan bahwa Porang saat ini adalah tanaman Yang Viral dan Memiliki Nilai Ekonomi yang sangat tinggi sebagai Bahan Baku berbagai Makanan.” tambah Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, bahwa lahan Demplot seperti ini telah dikembangkan di setiap Koramil jajarannya dengan memanfaatkan lahan kosong di masing-masing Koramil. “Bukan hanya jagung, kita juga mengembangkan tanaman lainnya seperti sayur kacang panjang, terong dan cabai,“ sebut Dandim.


Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka program menjaga kestabilitasan ketahanan pangan dimasa Pandemi Covid 19. “Dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan di tengah wabah Virus Covid-19, diperlukan kerja sama dari semua pihak, agar tetap menjaga stabilitas bahan pokok makanan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan terutama di wilayah Kodim 1411/Blk,” kata Letkol Arm Joko Triyanto, S.Pd.

Sambutan Bupati Bulukumba yang intinnya sebagai berikut :

a. Atas nama Pemda Bulukumba sangat Mengapresiasi Program Kodim 1411/Blk dalam Pembudidayaan Tanaman Porang, dengan Harapan Petani di Bulukumba bisa Mencoba Tanaman Porang tersebut yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.


b. Meminta kepada Kadis Pertanian agar Mengevaluasi Tanaman Jagung agar Hasil Produksi Bisa Meningkat.

c. Meminta Kepada Kadis Pertanian untuk terus melakukan Sinergitas dengan Kodim 1411/Blk dalam Rangka Peningkatan hasil Produksi Pertanian.

d. Selamat Dan Sukses kepada Dandim 1411/Blk dan jajarannya sehingga Panen Jagung dan Tanam Porang bisa terlaksana dan teruslah menjadi Motivator bagi Para Petani di Kab. Bulukumba.

Pada kesempatan panen raya jagung ini Kadis Pertanian Kab. Bulukumba Emil Yusri SP.MP menyampaikan di tengah pandemi Covid-19, krisis ketahanan pangan akan terjadi apabila kita tidak menjaganya maka dari itu ketahanan pangan adalah salah satu kunci untuk menghadapi pandemi Covid-19. Ujarnya


Segala upaya menurutnya perlu dilakukan, termasuk percepatan tanam untuk memenuhi kebutuhan pangan termasuk pasca Covid-19 nanti. Untuk itu dibutuhkan kerja keras penyuluh untuk terus memotivasi dan mendampingi petani agar proses ini tetap berjalan,” tutup Kadistan.

Hadir pada kegiatan tersebut Dandim 1411/Blk (Letkol Arm Joko Triyanto S.Pd), Bupati Bulukumba (Andi Muh. Sukri Andi Sappewali), Anggota DPRD Bulukumba (Akhmad Syaiful), Wakapolres Bulukumba (Kompol Syarifuddin SH), Kalapas IIA Taccorong (Syarifuddin Makku SH.MH), Kadis Pertanian (Emil Yusri SP.MP), Kadis PUPR (Rudi Ramlan), Asisten 1 (Andi Buyung Saputra SIP), Kapolsek Rilau Ale (Iptu H.Muh Amri S.Pdi), Ibu Ketua Persit KCK Cabang XXVIII (Ibu Anita Purnama Ningsih) danKades Karama (Jusman).

About kodim1411

Check Also

Acara Penyerahan Hasil TMMD ke-109 Kodim 1411/Bulukumba

BULUKUMBA- Pelaksanaan program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-109 Kodim 1411/Bulukumba, yang dilaksanakan di Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.